CARA JITU MENYAPIH ANAK

   Syari'at menyusui anak dalam islam adalah selama dua tahun.setelah usia tersebut,sebagai sang ibu hendaklah menyapihnya.karena selain ASI tidak bagus lagy, baik secara kualitas dan kuantitas,juga psikologis anak akan trpengaruh.adapun cara menyapih secara medis, sedikit sekali referensi yang bisa dijadikan rujukan.
   Biasanya metode dalam menyapih bayi ini dilakukan atas dasar pengalaman, bahkan bisa dibilang turun menurun.namun intinya cara yang terbaik adalah tidak menyakiti anak dan ibu.serta dilakukan secara bertahap.
   Tentang cara menyapih dengan barang-barang tertentu,sebenarnya bersifat relatif.asal bahannya tidak membahayakan,maka tidak jadi masalah,insya Allah. sebaiknya jauhkan tidakan menyapih dengan sesuatu yang membahayakan anak.seperti obat merah,bertujuan untuk menakut-nakuti sang anak.ada dua kesalahan untuk yang bertindak menyapih anak seperti ini :
  1. Ada kemungkinan anak mengisap dan menelannya dalam jumlah yang banyak, sehingga akan membahayakan,karena obat merah berfungsi untuk antiseptik dan khusus untu obat luar.
  2. Itu jatuh pada kasus menakut-nakuti anak ketika mengisap puting,sebab hal itu akan mempengaruhi psikologis anak.
Cara jitu menyapih adalah jelaskan pada sang anak dengan cara yang halus,dan dengan bahasa yang ia mengerti. awali kehidupan anak dengan perkara yang hikmah.sehingga kelak dewasa menjadi orang yang hikmah menghadapi perkara hidupnya. selamat mencoba....

0 komentar:

Poskan Komentar